Thursday, July 12, 2007

Naik Kereta Api..Tut tut tut!!

Beberapa waktu yang lalu gue pergi ke Jogja bersama keluarga
*disebut liburan atau pulang kampung atau
pulang kampung sambil liburan atau liburan sambil pulang kampung? *

Tepatnya minggu kedua masa liburan resmi anak sekolah (cieh, kan sekarang gue udah bukan anak sekolah lagi,tapi anak kuliah )

Bedanya dari perjalanan biasanya yang selalu naik mobil bareng keluarga selama beberapa tahun belakangan
ini, perjalanan kali ini gue naik kereta..

Gue naik kereta ga sama keluarga gue tapi gue pergi sendirian--keluarga gue baru menyusul pergi setelah gue sampai di Jogja.

Kenapa gue pilih naik kereta sendirian? Itu semua supaya gue latihan, bisa mandiri dan terbiasa bolakbalik
Jakarta-Jogja sendirian nantinya sebagai mahasiswa—karena gue terlalu terbiasa untuk selalu naik mobil bareng keluarga tiap pergi ke Jogja.

Ya,klo pergi ke Jogja naik mobil bareng keluarga kan gue bisa makan, tidur dan ketawa seenaknya tanpa harus mikirin keamanan koper, makanan, dan sebagainya.

Tinggal siapin barang dan duduk anteng di mobil trus nyampe deh..

Kalo naik kereta?

Satu, gue harus pergi ke stasiun supaya bisa dapet tiket kereta.
Nah, kalo pas musim liburan seperti kemarin, gue harus lebih cepet ke stasiun supaya ga kehabisan tiket.

Dua, kalo gue naik kereta bisnis a.k.a non eksekutif, gue ga bisa tuh duduk tenang apalagi tidur pules..

Karena banyak pengamen, pedagang asongan dan orang-orang yang suka PUNGLI (pungutan liar) itu yang lewat, berisik, dan rese’!!

Mereka tuh ya suka maksa deh minta dikasih duit receh.

Contohnya, tukang2 semprot pewangi ruangan yang menurut gue termasuk kategori PUNGLI. Mending bau semprotannya wangi, yang ada malah pesing!

Gue kan udah bilang, sebelum dya mau nyemprot kolong tempat duduk gue,kalo kolong tempat duduk gue ga usah disemprot sama dya, karena saat itu gue lagi makan dan gue ga suka banget makan bersama bau – bau kaya’ gitu.
Eh,,,tetep disemprot dan setelah nyemprot melototin gue, maksa gue ngasih receh!

Daripada makanan gue disemprot ma dya dan acara gue makan jadi berantakan,yaudahlah gue kasih. Sungguh sangat repot ngeluarin duit saat makan!
Rese’ banget!

Dan pake BAU!

Terpaksalah gue sementara waktu nunggu baunya hilang dan kembali makan

Selain itu, mereka itu sangat asing buat gue.
Gue cuma bisa tidur sekejap-sekejap,supaya koper gue bisa tetep terjaga pada tempatnya.
Dulu, pernah ada seorang ibu yang cerita sama gue kalo ada yang pernah kehilangan tujuh kopernya.
Mengerikan.
Kalo untuk hal yang kaya gini, gue lebih pilih naik kreta pagi-pagi di saat kondisi gue masih fresh dan ga perlu pake acara tidur terlalu lama di kreta daripada malem yang emang jam tidur gue dan akan susah banget buat gue untuk tetap terjaga dan bisa ngawasin koper gue.

Selain itu, klo kita naik kereta, menurut gue sih perlu berbasa basi sedikit dengan penumpang sebelah walaupun kita ga kenal supaya ada temen ngobrol untuk menghilangkan kejenuhan di perjalanan ,
apalagi klo kita duduk di kursi sebelah dalem yang membuat kita akan melewati si penumpang lain itu untuk permisi kalo mau ke toilet, terus kalo ke toilet, terutama pas naik kereta bisnis, ya secara ga langsung kan kita nitipin koper kita ke dya.

Untuk hal terakhir yang di atas ini, gue belajar dari seorang ibu bernama ibu Budi , temen seperjalanan gue dulu, saat gue abis tes wawancara dari Jogja mau balik ke Jakarta dan cuma ditemenin sama sepupu bokap-gue aja.

Trus, kemaren itu karena gue berangkat sendiri, jadi ga ada tuh yang bantu2in angkut koper. Bawa sendiri deh...

Soal kamar mandi untuk buang air, jangan ditanya, bisnis ataupun eksekutif sama pesingnya dan airnya sama-sama suka mati! Lebih baik bawa tissu aja deh...

Jadi, kesimpulan yang bisa gue ambil dari perjalanan naik kereta kemarin :
1. Kalo mau naik kereta bisnis, pilih jadwal berangkat pagi, lebih aman

2. Kalo pun terpaksa ga dapet kereta bisnis yang pagi, pilih eksekutif malam di mana pengamen dan pedagang asongan ga lewat2, tapi sayangnya harga tiket eksekutif itu mahal dan ga bagus juga pelayanannya,gue sempet ga dapet selimut sampe 5 jam pertama perjalanan!

3. Basa basi dengan penumpang sebelah

4. Bawa tissue buat ke kamar mandi

5. Bawa pembersih tangan instan buat cuci tangan pas makan, karena airnya suka mati, lagian juga males aja
mesti bolakbalik ke kamar mandi buat cuci tangan sebelum dan sesudah makan apalagi dengan kondisi bau pesing kaya gitu.

6. Bawa kantung isi duit receh yang banyak, banyak pengamen, lagian supaya lo ga perlu buka2 dompet utama lo yang bisa jadi ngundang kejahatan kalo ada orang lain yang liat isi dompet itu.

7. Selalu bawa dompet dan hape lo saat ke kamar mandi. Kalo lo masukin dompet dan hape ke dalam satu tas kecil bersama barang2 kecil kaya pembersih muka sih, ya tasnya bawa aja sekalian. Jangan ditinggal!

8. Ga usah berat2 bawa koper, ntar repot sendiri pas naikin dan nurunin dan bawa2 tu koper.

9. Ya terima apa adanya lah kondisi kereta Indonesia yang seperti itu sambil berharap bisa diperbaik secepatnya, karena gua males naik pesawat klo ke Jogja, mahal.

10. Yeah, THIS IS THE LIFE! KEEP SURVIVE!