Thursday, June 28, 2007

Filosofi Memasak

--judul di atas terdengar canggih,kan?!—

Kemarin, gue belajar masak spaghetti.

Dari belajar masak spaghetti ini gue belajar hal-hal penting lain yang lebih dari cuma sekedar tahu cara bikin spaghetti yang enak.

Dari memasak, gue belajar ngasah ‘feeling’. Memasak tu bukan cuma sekedar takaran yang sifatnya pasti dan tepat seperti gram, ons,kilogram,berapa sendok bumbu yang diperluin,dan sebagainya. Contohnya, di resep yang ada di botol saos spaghetti yang gue pake sebagai pedoman masak tadi bilangnya kalo untuk 150 gram spaghetti, butuh 5 sendok saos spagetti. Gue punya 250 gram spaghetti, kalo nurutin resep sih sepintas nambahin 3 sendok lagi akan cukuplah...tapi kenyataannya gue baru merasakan spaghettinya jadi enak setelah masukin 15an sendok , hampir sebotol (365 gr),saos spaghetti!

Trus lagi,sehubungan dengan yang namanya ‘feeling’ dalam memasak yang tadi, kalo yang namanya masak tu jangan terlalu percaya resep dan banyak tanya/belajar dari pengalaman orang terdekat yang jago masak! Gue pernah punya pengalaman bikin donat, dimana gue bener2 ngikutin banget cara2 di resep...Eh, donat gue bukannya jadi empuk, malah jadi keras dan adonannya ga ngembang buat dimakan, karena ternyata cara nyampurin ragi di resep itu salah! – Resep ga nyebutin kalo sebenarnya ragi itu sebelum dicampur dengan adonan, harus dikasih air hangat dulu --

Hal lain yang gue pelajarin adalah fleksibilitas (dalam masakan tertentu seperti spaghetti ini tentunya). Begini, saat spaghetti gue jadi –sebelum akhirnya gue memtuskan untuk nghabisin aja sebotol saos spaghetti itu--,,gue merasa bumbunya kurang jadi gue langsung tanpa pikir2 lagi menumis saosnya lagi,,tambahin yang ada di botol semua. Contoh lain lagi, setelah gw merendam daging beku beberapa Selain itu, karena gw doyan pedes tapi keluarga gw ga doyan, jadi gw cuma menghidang sebatas mie spaghetti dengan saos daging cincang ditumis-nya aja.Soal nambahin keju,saos sambal dan tomat itu nanti terserah yang makan.

Selain itu, dari memasak gue jadi tahu sedikit seni memasak, seni memotong bahan masakan kaya’ bawang putih dan bawang bombay. Begini, kalo motong bawang putih tu yang bagus dan berseni tu bawang putihnya bentuk segitiga dan bolong di tengah. Kalo untuk bawang bombay, bagusnya bentuk setengah lingkaran.

Dan yang ga kalah pentingnya lagi, pas belajar masak kemarin tu gue juga belajar yang namanya tanggung jawab dan efisiensi! Iya, kalo lo mau masak, siapin bahan2nya dulu dan siapin sendiri, trus rapihin sendiri! * tapi soal rapi2 lagi alat masak, kemarin gue sudah tidak kuat melakukannya, sudah terlalu cape masak dan narsis kebelet pengen nyicipin masakan sendiri, jadi gue minta tolong asisten nyokap buat ngrapihin lagi.. hehehe* Kalo ngomong soal efisiensi, waktu gue bingung mau ngegunain lagi baskom bekas ngrendam daging cincang – yang tentunya udah dibilas pake air bersih – aja atau pake piring baru,akhirnya gue pilih pake lagi baskom bekas ngerendam daging cincang supaya ga terlalu banyak alat yang akan dicuci setelah selesai memasak.

Yang terakhir yang pengen gue tulis adalah .... Gue jadi tau rasa capeknya masak! Dan seperti orang2 lain yang sudah capek2 memasak, gue pengen hasil masakan gue itu dihargain, dengan cara dimakan, trus makanan hasil masakan gue itu dihabisin! Kalo ga enak, ya bilang, harus jujur trus kasih saran deh kurangnya di mana. Gitu... *tapi walaupun ga enak, kalo makanannya udah diambil, harus tetep dihabisin!



Iya.. pesen terakhir gue pokoknya dari belajar masak tu gue ga cuma tahu gimana caranya bikin makanan enak, tapi gue juga belajar ‘soft’ skills lainnya... :-)





*spaghetti gw sangat enak lho*

*gambar di atas tu udah tinggal setengah porsi*

*it looks spicy,huh?*




 
Just Post It! - Templates Novo Blogger