Thursday, July 10, 2008

Obat Keras dijual bebas di Apotek


Beberapa hari lalu saat gw jalan-jalan sama beberapa temen, salah satu temen ngeluh kalo tenggorokannya sakit,trus dia ngunyah sesuatu yang gw pikir tadinya permen. Lalu, teman yang lain minta juga dan ngunyah juga. Gw awalnya ga tahu, apa yang mereka bagiin. Gw pikir permen pelega tenggorokan “Trochees apaan sih?! Sini liat dong gw!”. Pas ngeliat bungkusnya dan tau kalo yang mereka kunyah dengan santai dan pake berbagi pula layaknya permen itu FG Trochees, yang jelas-jelas di bungkus obatnya itu ada tulisan HARUS DENGAN RESEP DOKTER. Pas gw tanya ke temen-temen gw,”Loh ini bukanya harus dengan resep dokter yah?,” mereka bilang dengan santai kok kalo itu obat bisa mereka dapatkan di Apotek layaknya mereka minta obat flu biasa aja. Pas gw tanya,”Trus lo kalo minum itu ada resepnya dari dokter?Belinya di Apotek pake resep juga?” Jawaban dia ,”Ngga pernah ada resep tuh, ya gw tinggal minta aja di Apotek kaya beli obat flu gitulah,tris..Ga perlu resep dokter, kan?” Dan semua temen gw yang lain juga bilang gitu.


Dan ps gw cek ke apotek yang cukup terkenal deket kampus, gw nanya,” Ini obat ga apa2 mbak kalo ga ada resep dokternya?”.”Ga apa2”, kata yang lagi jaga jualan di sana.


Pas gw liat d MIMS dan ISO 2007, FG Troches tu digunakan untuk indikasi gingivitis, laringitis, bronkitis, stomatitis, dan sebagainya. Ya semacam penyakit radang gitu deh yang semuanya disebabkan oleh bakteri. FG Troches merupakan obat berkhasiat keras,termasuk obat daftar G yang mengandung fradiomisin dan gramisidin, golongan Antibiotik. Antibiotik semestinya hanya dapat dibeli dengan resep dari dokter. Ga bisa dipake sembarangan dan pasien menggunakannya dalam pengawasan dan tanggung jawab dokter.


Kalo antibiotik digunakan sembarangan, resistensi bakteri bisa terjadi. Akibatnya saat pasien benar2 sakit dan butuh itu obat, malah harus minum dengan dosis yang lebih besar daripada dosis lazim terapi. Ujung-ujungnya karena dosisnya kegedean bisa overdosis.


Dan hal ini tentu saja udah melanggar UU Obat Keras St 419 tanggal 22 Desember tahun 1949 Pasal 3 Ayat 2 yang nyebutin kalo Penyerahan dari bahan-bahan G, yang menyimpang dari resep Dokter,Dokter Gigi, Dokter Hewan dilarang, larangan ini tidak berlaku bagi penyerahan-penyerahan kepada Pedagang – pedagang Besar yang diakui, Apoteker-apoteker, Dokter-dokter Gigi dan Dokter-dokter Hewan demikian juga tidak terhadap penyerahan-penyerahan menurut ketentuan pada Pasal 7 ayat 5. Dengan demikian, penyerahan obat keras daftar G tanpa adanya resep dokter adalah dilarang.


Sedikit penjelasan, kalo saat ini Apoteker di Apotek emang bisa jual beberapa obat keras tanpa resep dokter yang masuk dalam daftar Obat Wajib Apotek. Tapi Obat ini, yang mengandung antibiotik, dan semua obat yang ada antibiotiknya, bukan termasuk daftar OWA. tetep harus dengan resep dokter.


Gw rasa ini cuma salah satu contoh kecil realita penjualan obat keras di Indonesia yang ga cuma bisa terjadi di Toko Obat maupun Apotek. Semakin sedih mendengarnya kalo penyimpangan ini juga terjadi di banyak Apotek di Indonesia. Petugas-petugas di Apotek itu, Apoteker-Apoteker dan Asisten-Asisten Apoteker, terutama Apotekernya harusnya udah ngerti banget soal beginian. Dan ga asal jual karena mementingkan uang masuk aja ke Apotek, tanpa adanya tanggung jawab terhadap keselamatan jiwa pasien. Lagian kalo berbuat kaya gini, cuma bakal mencoreng profesi Apoteker yang mereka pegang, selain karena alasan tadi, juga perbuatan kaya gini tu ga ngehargain hak teman sejawat tenaga medis, dokter.


Gw harap sih bakal ada tindakan yang tegas dan sanksi yang tegas banget dari Pemerintah khususnya badan POM untuk merazia apotek-apotek nakal yang ngejual bebas obat keras daftar G ke pasien, kasih sanksi penyitaan seluruh obat keras yang ada atau bahkan turun strata jadi toko obat berizin biasa yang cuma boleh jual obat bebas dan obat bebas terbatas atau ditutup aja sekalian. Yah pokoknya gimana UU yang berlakulah.


Dan selain itu, temen2 sebagai pasien kalo lagi sakit juga baiknya ngerti untuk ga buru2 main beli obat keras—yang ada huruf K berlingkaran merah atau dengan tulisan “HARUS DENGAN RESP DOKTER”, tanpa adanya resep dari dokter.

 
Just Post It! - Templates Novo Blogger