Thursday, July 24, 2008

Main Tanah Liat di Kasongan

postingan ini ketunda karena nungguin foto dari ipul,biar lebih oke dipamerin di blog,dan juga pake foto2 jepretan hasil kerjanya dya karena gw ga bawa digicam/hp kamera ke sana.

Hari Sabtu tanggal 12 Juli kemaren, gw dan beberapa orang teman (tika, ipul,yoga, dan hilmy) pergi ke Kasongan atas rekomendasi salah satu dari teman gw itu, Yoga. Tadinya gw pikir jalan2 ke sana ujung2ujungnya duit karena mesti beli kerajinan gerabahnya. Tapi, ternyata di deket toko2 yang jualan kerajinan gerabah dan kerajinan lainnya, ada UPT Pengembangan Kerajinan Gerabah –yah kira2 begitulah namanya, gw lupa karena cuma baca sekilas plangnya-yang ngasih pengalaman yang unik buat gw dan teman2.


Di tempat ini, tujuannya tuh dibikin untuk menyosialisasikan, meningkatkan potensi kerajinan gerabah gitu de. Ga cuma buat orang dewasa, anak-anak pun boleh dan kata Mas Pur, "Anak-anak SD yang kemaren ke sini tuh betah banget sampai sore"
Untuk orang awam, kita bisa belajar bikin kerajinan gerabah yang kecil2 dulu dipandu oleh instruktur.
Di sana, kami semua dipandu sama Mas Pur belajar bikin gerabah. Ada beberapa tenik buat bikin gerabah. Yang diajarin ke kita siy :

1. Teknik Cetak
Tanah liat ditaro secukupnya di cetakan, diratain ke cetakan, trus dikeluarin deh dar cetakan. Hal yang terakhir, ga boleh ngeluarin tanah liat kaya lo ngeluarin ager2 dari cetakan, tapi dikeluarin dengan cara ditarik pake segumpal tanah liat juga.
Cetakan ada macem2 ada kupu2, ikan, singa, kuda laut, kelinci dan sebagainya
Kalo teknik yang ini, masih gampang cuy.
ini beruang 2 dimensinya ipul

2. Teknik Pijat dan Pilin
Nah, kalo yang ini tuh tekniknya kaya kita mainan pake parafin. Kita bikin semacam tempat pensil atau asbak atau wadah2beralas bulat-datar gitu. Cara bikin alasnya dengan menekan-nekan dan memijat segumpal tanah liat ampe bentuknya beralas bulat trus untuk bagian atasnya, kita bisa tambahin dengan berlapis2 tanah liat yang dipilin panjang, dibetk spiral,dipilinpilin, dibentuk huruf,bunga terserah sesuai kreasi aja. Alasnya harus cukup kuat buat nahan bentuk2 tambahan di atasnya. Yang ini, juga masih gampang. Sayang,gambarnya ga diupload ipul di facebook.



3. Teknik Putar
Yang ini, yang sering kita liat di tipi2, yang ada di iklan obat 'Bulan Biru'
Teknik ini, susah banget buat ukuran pemula, susah banget ngontrol tanah liatnyasupaya ga lari2 ke pinggir puteran dan supaya bentuknya tetep ajeg (stabil).

Segumpal tanah liat kita taro di atas puterannya, trus dibentuk ‘central’ di tengah puteran dengan tangan dan sambil diputer, gunanya buat ngeratain ketebalan dinding wadah (entah itu bentuknya tabung atau apapun) di setiap sisinya pas kita ngebolongin.

Pas ngebolongin, kan pake jempol, itu juga tekanananya mesti pas supaya alasnya ga terlalu tipis, dinding tabungnya juga ga ketipisan dan bisa rata saat jempol asik bermain di tengah sementara keempat jari lainnya ngatur tebal-tipisnya dinding tabung. Di tahap ini, gw dan teman berusaha berkali2 dan kaga jadi2 selama 2jam-an, padahal bikin gelas doank.

Dan mas pur yang udah jago, udah bisa bikin 5 gelas,sementara kita smua ga ada yang berhasil.
Dan akhirnyakarena desperate berusah bikin gelas, kita nghias gelas yang dibikin mas Pur.
Capek dengan main tanah liat, gw sibuk ngegosokin punggung tangan gw pake tanah liat aj deh






kami masih berusaha



depresi ga bisa2 bikin gelas,malah ngotorin baju dan puterannya doank, jadi gw cucitangan aj deh


4. Dan masih banyak lagi kaya teknik tempel , teknik putar-pilin

Mas Pur bilang, yang kaya gitu jadinya 3harian. Dalam hati berkata, situ 3 hari, sini setahun aj juga belum tentu kelar!bikin gelas 2 jam aj ga bisa!



tetap berpose walopun capek


Dan malemnya gw makan di rumah makan yang alat minumnya dari bahan gerabah dan semua berkomentar “gila, bikin gelas aj susah banget!”

Buat yang mau belajar juga, datang aj ya ke Kasongan sendiri, oia,nama dan judul tempatnya belum tentu benar, jadi bilang aj tempat bikin Gerabah. Tapi jangan harap beli gerabah yang unik dari tempat ini, karena koleksi di dalam sini ga dijual. Kalo mo beli, cari ke pedagang lain.
Biayanya 5000/kg tanah liat, biaya bakar 20ribu belum termasuk biaya instruktur 50 rb. Kalo patungan, harga yang ditanggung terasa ringan dibanding ilmu yang didapet. Oia, harga bisa berubah.
We all say thanks to Mas Pur

 
Just Post It! - Templates Novo Blogger